close

[Album Review] Beck – Morning Phase

beck
Beck
Beck

 

Beck – Morning Phase

Capitol Records

Watchful Shot : Morning ­

[yasr_overall_rating size=”small”]

Beck memiliki dua rupa. Jika Anda termasuk mereka yang terkesan dengan rupa Beck saat mengobral sample-sample hip-hop, funk, eksperimental, electronic, country, dan sembarang apapun yang pernah ia dengar, maka sebaiknya putar album ini ketika Anda menjelang tidur. Namun jika Anda terpesona pada rupa Beck dalam Sea Change, anda bisa putar album ini ketika bangun tidur –  yang bukan berarti Anda akan tega mematikannya menjelang tidur.

Jika sebelumnya  hanya doyan mempreteli karya orang, kini Beck memilih untuk merevisi buah imajinasinya sendiri. Namun tak hanya serta merta dari cover album yang sama-sama menampakkan sepenggal wajahnya kita bisa berkesimpulan bahwa Morning Phase merupakan babak kedua dari Sea Change, karena memang hanya pernah ada pada Sea Change, deretan ratapan folk semelankolis “Unforgiven”, “Don’t Let It Go”, atau “Waking Light” tertutur sekaligus dari seorang sinis-autis seperti Beck.

Woke up this morning, found a love light in the storm. Looked up this morning, saw the roses full of thorns” pada “Morning” adalah yang Anda dapat untuk menyibak tirai optimisme pada singsingan fajar dan album ini, yang juga memendam asa pada nada-nada yang cenderung lebih benderang dari karya panutannya.

Sayangnya Morning Phase  memang merupakan babak kedua, di mana musti dibutuhkan babak pertama. Gelar suksesor bagi Sea Change terlalu muluk untuk dijamah. Selain  “Morning”, praktis tak ada lagu semacam “Guess I’m Doing Fine” atau “All In Your Mind” yang dapat berdiri sendiri.  Tak terkecuali kedua single yang sejatinya memiliki nuansa aransemen paling menonjol, “Blue Moon” dan “Waking Light”. Lebih-lebih pada nomor yang tak lebih dari pengantar rasa sendu – atau yang terburuk, pengantar tidur – seperti “Heart is Drum”, “Say Goodbye”, “Turn Away”, hingga “Wave” – dimana Beck ternyata tak harus menggunakan teknik sampling untuk membuat “Pyramid Song” (Radiohead) versinya. Namun resensi ini bisa jadi tak perlu digubris, karena memang semua hanya tergantung Anda menyukai rupa Beck yang mana. [WARN!NG/Soni Triantoro]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.