close

Film Musik Makan 2016 Kembali Tinjau Isu SARA(S)

fmm
fmm
fmm

Setelah sukses jadi wadah peluncuran film sekelas Siti dan The Fox Exploits The Tiger’s Might, Film Musik Makan (FMM) besutan Kolektif bakal dihelat lagi tanggal 2 – 3 April 2016. Kembali bertempat di Goethe Haus, Jakarta, FMM 2016 hadir dengan 4 film panjang, 10 film pendek dan 2 pertunjukan musik untuk ditampilkan.

Di antaranya ada dua film panjang yang tayang perdana, keduanya mengusung format dokumenter: Potongan, garapan Chairun Nisa (Ilun) produksi Babibutafilm menyoal sensor film di Indonesia; dan White Shoes and The Couples Company di Cikini karya Henry Foundation (Betmen) yang merupakan produk dari kerjasama White Shoes and The Couples Company dan Ruru Corps.

Lewat Potongan, Ilun hendak menceritakan keresahan pembuat dan penonton film yang seringkali terjegal oleh perihal kelayakan sensor. Dalam rilis resmi yang diterima WARN!NG, Ilun mengungkapkan bahwa elemen Hak Asasi Manusia yang sedang giat-giatnya coba diangkat para sineas Indonesia justru dapat penolakan ‘lolos sensor’ dari Lembaga Sensor Film. Sementara White Shoes and The Couples Company di Cikini berkisah tentang relasi antara WSATCC dengan area Cikini, utamanya kampus IKJ dan Taman Ismail Marzuki yang merupakan tapak tilas kekaryaan band tersebut.

Di kali ketiganya ini FMM 2016 masih menaruh perhatian pada isu SARA(S)—plus seksualitas. Setelah tahun lalu mengangkat tema Mengalami Kemanusiaan, kini FMM 2016 akan memperdalam bahasan terkait SARA(S) dengan menggelar diskusi tentang Film dan Klasifikasi di 10 kampus di Jakarta.

Selain beberapa agenda di atas, FMM 2016 turut memutar film panjang ko-produksi antara Indonesia, Thailand dan Amerika Serikat berjudul How to Win at Checkers (Every Time) dan Alvin’s Harmonious World of Opposite karya Platon Theodoris asal Australia yang pernah menyutradarai video klip Posesif dari Naif.

Total 14 film ditambah penampilan musik dari DJ Irama Nusantara dan MMS bisa ditebus dengan donasi harian sebesar Rp150.000 atau terusan 2 hari sebesar Rp250.000. Untuk informasi dan skedul lebih rincinya, sila kunjungi web resmi Kolektif diwww.kolektif.id.

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.