close

Manis Minimalis, Aksi Panggung Sungha Jung

IMG_1821

Hujan yang mulai membasahi Jogja dan sekitarnya Minggu (10/11) tepat saat Sung Ha Jung mulai mengokupasi panggung ternyata mampu menular hingga ke dalam ruang concert hall TBY. Namun, jika di luar ruang air yang menetes,  di dalam ruang justru teriakan histerislah yang menghujani remaja flamboyan asal Korea ini.

IMG_1822

Hujan teriakan histeris membanjiri concert hall TBY tepat saat Sung Ha Jung mulai memetik gitarnya, yakni pukul 19.45 WIB. Hall yang nampak menyisakan banyak bangku kosong, khususnya di area belakang. Nampaknya penggemar lebih memilih tiket platinum untuk bisa dekat dengan idolanya. Di atas panggung sendiri, tata panggung terlihat sangat minimalis. Terlihat hanya ada satu gitar, satu ukulele, dan satu mic, dengan latar belakang berupa rantai lampu yang menggantung dan nama Sungha Jung besar sebagai pusat dekorasi.

Teriakan “Opa”, “Opaaa”, melengking, menyambut nomor pertama yang Sung bawakan, “Sprint”. Rampung dengan nomor ini, Sung jelas terlihat ingin mendekatkan diri dengan penggemarnya di Yogyakarta, sapaan klise pun terlontar dari mulutnya. “How are you doing? Its the first time for me come to Jogjakarta,” ungkap Sungha saat menyapa penonton. Lanjut dengan nomor kedua, Sungha  membawakan aransemen berjudul “The Milky Way”, yang sukses ia akhiri dengan kalimat “thanks a lot”. Kalimat yang bertubi-tubi keluar dari mulutnya setiap kali dia rampung membawakan satu lagu.

Berlanjut, “Irony” menjadi lagu berikutnya yang ia bawakan. Kemudian di ikuti ajakan sung kepada setiap penonton untuk membayangkan damainya Paris lewat nomor “Sunset In Paris”, diteruskan dengan nomor “Flaming”, yang masih dari album yang sama. Aksi Sungha dilanjutkant dengan nomor “Gitar Boogie”, aransemen dari gitaris Jepang, Akihiro Tanaka.

Tepat pukul 20.20 WIB, satu kejadian yang cukup menarik terjadi, dimana dalam konser tunggal seperti ini dilakukan satu break  selama 15 menit. Penonton diberi kesempatan untuk membeli cd dan merchandise yang selanjutnya bakal ditandatangani langsung oleh Sung. Jika  break ini bermotif ekonomi, tentu penyelenggara menuai sukses besar, mengingat tak berapa lama lapak telah ramai dikerubuti penggemar. Di lain sisi, panggung yang sungguh minimalis pun menjadi latar bagi penonton untuk mengabadikan momen menyaksikan langsung pemuda Korea ini.

Pukul 20.41 hujan teriakan kembali deras mengguyur concert hall TBY, menyambut dimulai lagi aksi Sungha. Kini giliran ukulele yang menjadi instrumen Sugnha untuk membawakan nomor ke-tujuhnya, “Somebody that I Used To Know”. Penonton yang sudah familiar dengan lagu ini nampak turut bergumam mengiringi melodi ukulele yang ia mainkan. Dilanjutkan secara berurutan Sung memainkan “Lost Star”, “Gravity”, dan “River Flows in You”.

Satu kejutan kecil diberikan musisi fingerstyle ini jelang akhir konser. Satu lagu pop tanah air yang kini tengah populer, “Dekat di Hati”, berhasil ia suguhkan. Kejutan ini tak lantas membuat penggemar merelakan Sungha mengakhiri konsernya, meski ia telah membungkuk hormat dan meninggalkan panggung. Satu skenario untuk meminta Sungha memberikan encore pun berjalan mulus. Permintaan mc agar semua penonton menyerukan “encore”, “encore”, secara berulang jelas disanggupi dengan senang hati.

Alhasil, Sungha kembali memasuki panggung dan kembali membuat satu kejutan. Di nomor yang benar-benar jadi nomor pamungkas malam itu, dia tak hanya memanikan gitarnya, tapi juga bernyanyi. “Free Falling” milik John Mayer menjadi lagu yang ia nyanyikan. Dan lagi-lagi, hujan teriakan kini kian deras membanjiri remaja berponi ini. Meski beberapa kali pitch controlnya meleset, penonton seolah tak menggubris dan tetap larut menikmati suara yang sebetulnya tak bisa menandingi kualitas permainan gitarnya.

Redanya tetesan hujan di luar ruang nampaknya kini menular dengan mulai redanya teriakan di dalam ruang. Satu suguhan manis nan minimalis dari musisi Korea ini terlihat mampu memuaskan penggemarnya. Seperti kata Rani, salah seorang penonton, saat dijumpai selepas konser, “ Overall Puas banget, apalagi orangnya (Sungha jung) komunikatif, dan sempet bawain lagu indonesia juga, sampai terharu jadinya.” . (WARN!NG/Umaru Wicaksono)

 

Event by              : BLAKS Creative

Date                      : 10/10/2014

Venue                  : Concert Hall TBY

Man Of The Match :  Encore konser, “Free Falling”

Rating   : !!!*
IMG_1821

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.