close

Penjaga Lilin Terakhir itu Pun Telah Berpulang

Tommy Ramone
Tommy Ramone

Berita duka menyelimuti pecinta rock dan luka mendalam untuk fans The Ramones. Salah satu idola mereka, sang drummer, Thomas Erdelyi atau yang lebih populer kita kenal dengan Tommy Ramone telah berpulang ke tempat peristirahatan terakhir. Seperti yang telah diwartakan Andy Schwartz dari NY Rocker atas permintaan sahabat Tommy, Claudia Tienan, bahwasanya Tommy meninggal pada pukul 12.15 waktu setempat pada usia 62 tahun di Ridgewood, Queens karena kanker yang dideritanya.

Mengenal sosok Tommy tak lepas dari perannya sebagai salah satu pendiri unit punk-rock terbesar sepanjang masa, The Ramones. Bersama kawan SMA-nya-John Cummings atau yang dunia kenal sebagai Johnny Ramone, mereka berdua mengawali karir dengan band bernama The Tangerine Puppets. Pada mulanya, keberadaan Tommi hanya menjadi manager The Ramones. Sampai akhirnya, beralih fungsi menjadi drummer tetap di band tersebut pada 1974-1978.

Selepas The Ramones bubar, Tommy—berubah nama menjadi Erdelyi, memproduseri album The Replacements, Tim serta Neurotica milik Redd Kross. Pada masa itu pula, dia sempat bermain folk dan bluegrass bersama Claudia Tienan yang lebih dikenal sebagai Uncle Monk, dan pada akhirnya menjadi sahabat Erdelyi sampai sekarang.

Semasa berkarir dengan The Ramones, Tommy dikenal menjadi anggota Ramone yang paling “normal”, mengacu pada idelogis yang dianut setiap personil The Ramones dan adiksi mereka terhadap zat terlarang.

Selamat jalan, Erdelyi! (Muhammad Faisal)

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response