close

‘Tribute to Efek Rumah Kaca’, Bentuk Penghargaan dan Kesadaran Hak Intelektual Musisi Indonesia

Artwork Cover – Album Tribute to Efek Rumah Kaca (Kredit ilustrasi oleh Yosep Rendi)
tribute to ERK
tribute to ERK

Dalam rangka mengampanyekan penghargaan dan kesadaran hak intelektual bagi musisi Indonesia, Creative Commons Indonesia dan Ripstore.Asia resmi merilis album Tribute to Efek Rumah Kaca pada acara Local Wisdom bersama Felix Dass di RURUradio pada Kamis, (14/7) yang lalu. Tribut tersebut dirilis sekaligus untuk merayakan hari kelahiran musik format mp3 sedunia atau dikenal Netlabel Day.

Album tribut ini diisi 14 nomor milik Efek Rumah Kaca yang digubah oleh 14 musisi; Salma Nurul & Muhammad Ilham, O.K. Bro, Tashoora, Antartika x Sociophonic, Sungai, Nailtriple, Fiersa Besari, Puti Chitara, Elliona, Karnivulgar, Jionara, LastElise, Hamzah Bagja Kusuma, dan Christabel Annora. Sebelumnya lebih dari 60 musisi mengikuti audisi yang diinisiasi oleh Ripstore.Asia dan Creative Commons Indonesia dalam sebuah acara bertajuk “Tribute to ERK: Cover Song Challenge”. Selama sebulan penuh dari 14 Juni hingga 14 Juli, panitia menerima 65 karya kover atas 23 lagu Efek Rumah Kaca.

Dari rilis yang diterima WARN!NG, komponen penilaiannya terangkum atas empat elemen dasar variabel, yakni; teknis rekaman yang disajikan masing-masing partisipan agar menghasilkan kualitas audio yang bisa didengar publik dengan apik, pemilihan dan penguasaan alat musik yang cermat, ketepatan improvisasi dan tafsir dari karya asli, serta preferensi juri yang berasal dari berbagai kompetensi dan latar belakang masing-masing. Dua kategori juri juga dibuat untuk menambah objektivitas penilainnya. Mereka berasal dari pewakilan Ripstore.Asia, Creative Commons Indonesia dan Efek Rumah Kaca serta dari redaktur lima media musik independen di berbagai kota.

Selain menyebarkannya lewat media daring dengan format bebas unduh non-komersial, “Tribute to Efek Rumah Kaca” bakal mengadakan kegiatan tambahan. Rencananya, pihak Ripstore.Asia dan Creative Commons Indonesia akan mengadakan kegiatan tambahan berupa pertunjukan musik dan diskusi dengan sejumlah narasumber terkait tema free culture. [WARN!NG/ Yesa Utomo]
Daftar Track List:

  1. Laki-Laki Pemalu – Salma Nurul & Muhammad Ilham
    02. Cinta Melulu – O.K. Bro
    03. Desember – Tashoora
    04. Sebelah Mata – Antartika x Sociophonic
    05. Jalang – Sungai
    06. Mosi Tidak Percaya – Nailtriple
    07. Kau dan Aku Menuju Ruang Hampa – Fiersa Besari
    08. Cipta Bisa Dipasarkan – Puti Chitara
    09. Kamar Gelap – Elliona
    10. Di Udara – Karnivulgar
    11. Jangan Bakar Buku – Jionara
    12. Laki-Laki Pemalu – LastElise
    13. Menjadi Indonesia – Hamzah Bagja Kusuma
    14. Desember – Christabel Annora

download disini.

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.